Sukses

Apa yang Menyebabkan Mata Terserang Stroke?

Kerusakan mata tak hanya sebabkan kemerahan atau pembengkakan saja, namun mata pun mampu mengalami stroke yang bisa mengakibatkan kebutaan.

Liputan6.com, Jakarta Mata menjadi harta berharga setiap manusia, sebab segala aktivitas sehari-hari membutuhkan indera penglihatan terlebih dahulu. Namun, jika mata mengalami kerusakan bisa menyulitkan semua aktivitas.

Dari sederet gangguan atau kerusakan mata, salah satu yang membahayakan ialah Stroke Mata. Seperti dikutip laman Live Strong, ditulis Jumat (1/4/2016) stroke mata terjadi ketika mata mengalami penyumbatan yang membatasi aliran darah.

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit pada mata bahkan membuat penglihatan hilang seketika - bahkan sebagian besar kasus kehilangan penglihatan ini bersifat permanen. Untuk menghindarinya, perlulah Anda mengetahui tanda juga penyebab stroke mata, berikut ini:

1. Penyumbatan pada pembuluh retina

Jenis penyebab stroke mata ini dikenal dengan oklusi arteri retina sentralis, yang menyebabkan jaringan sensitif pada mata mengalami kerusakan yang membuat vena menyangkut, sehingga alami penyumbatan pada pembuluh retina.

Kondisi ini menyebabkan pendarahan dari vena yang akan merembes ke bagian retina mata dan menyebabkan pembengkakan yang akan menganggu penglihatan.

Pengobatan yang dapat dilakukan pada kondisi ini ialah dengan suntikan steroid yang dapat mengurangi pembengkakan pada retina. Adapun pengobatan lain, seperti laser atau operasi - dengan tindakan ini dapat membantu kondisi mata melarutkan pembengkakan yang menyebabkan stroke mata. Namun, pilihan pengobatan ini tidak selalu efektif bagi pasien.

2. Arteri pada retina tersumbat darah

Kondisi ini mengakibatkan arteri pada retina tersumbat oleh darah, di mana seharusnya darah harus mencapai retina namun akibat tersumbat retina akan mengalami kerugian parah yang dikenal dengan oklusi arteri sentralis retina.

Akibat yang mungkin terjadi ialah kehilangan penglihatan parsial akibat penyumbatan yang terjadi pada arteri dari retina. Sebagian kasus, penglihatan akan hilang dalam beberapa waktu, tetapi ada kemungkinan lain, yaitu kehilangan penglihatan secara permanen.

3. Saraf optik tersumbat

Kondisi penyebab stroke mata ini disebut dengan optik neuropati iskemik, di mana sumbatan terjadi pada arteri pada saraf optik mata. Tugas dari saraf optik mata ialah mengirimkan informasi penglihatan dari retina ke otak. Namun jika terjadi penyumbatan pada daerah tersebut maka pasien akan kehilangan penglihatannya secara permanen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini