Sukses

3 Penyakit Ini Sering Dikira Akibat Ilmu Hitam

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang Indonesia masih mempercayai adanya beberapa penyakit yang disebabkan oleh santet, teluh atau guna-guna ilmu hitam. Selain karena pengetahuan medis yang kurang, simptom atau gejala penyakit yang aneh kerap membuat banyak orang mengaitkannya dengan hal-hal mistis. 

Padahal semua penyakit ini bisa dijelaskan secara nalar dan medis. Dan berikut ini ada 3 penyakit yang kerap disangka sebagai akibat dari santet atau ilmu hitam, disarikan dari ListVerse.com, Senin (28/3/2016):

  1. Epilepsi. Epilepsi atau ayan sering disebut sebagai salah satu penyakit yang disebabkan oleh santet. Padahal epilepsi adalah masalah kesehatan dimana syaraf di otak menjadi terganggu karena kelebihan muatan listrik, sehingga menyebabkan kejang-kejang yang parah.
  2. Sindrom Tourette. Salah satu penyakit yang dianggap sebagai serangan santet adalah Sindrom Tourette. Sindrom Tourette sendiri adalah suatu gangguan kesehatan dimana seseorang menggerakkan suatu bagian tubuhnya secara berulang-ulang, sering dan juga konstan.
  3. Skizofrenia. Seseorang yang mendadak berteriak-terik, hilang kendali atau ngamuk sering dianggap mengalami santet atau kesurupan. Padahal ini merupakan gangguan jiwa sejenis Skizofrenia yang mempengaruhi psikis penderitanya.