Sukses

Apa yang Terjadi Jika Pembuluh Darah Mata Pecah?

Bukan hanya pembuluh darah pada otak atau jantung saja yang bisa pecah, melainkan pembuluh darah pada mata pun bisa mengalami kepecahan

Liputan6.com, Jakarta Mata tentunya memiliki pembuluh darah seperti organ tubuh lainnya, fungsi dari pembuluh darah pada mata berfungsi untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke retina. Seperti pembuluh darah lainnya, pembuluh darah pada mata pun bisa pecah dan timbulkan efek yang nampak.

Pecahnya pembuluh darah pada mata disebut dengan perdarahan subconjunctiva, kondisi ini tidak akan menyebabkan masalah penglihatan juga ketidaknyamanan mata secara signifikan. Hanya saja penampilan mata Anda akan terlihat menyeramkan.

Seperti dilansir laman allaboutvision.com, ditulis Kamis (17/3/2016) ada beberapa sebab terjadinya pendarahan subconjunctiva seperti trauma mata, peningkatan tekanan darah mendadak (saat bersih, batuk, tertawa, dan sembelit perut), penggunaan aspirin, kekurangan vitamin K, hingga pascaoperasi mata seperti katarak atau lasik.

Untuk menghilangkan kemerahan pada mata, gunakanlah air mata buatan - meskipun tidak akan mengembalikan pembuluh darah yang pecah.

Tak selamanya kemerahan pada mata akan baik-baik saja sebab kemerahan mata yang didampingi dengan debit air mata berlebih, menjadi suatu tanda ada iritasi hingga infeksi pada mata. Jika kondisi sudah separah itu lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.