Sukses

Anak ADHD, Orangtua Harus Bagaimana?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orangtuanya, Anda adalah pendukung utama anak Anda. Keberhasilannya dalam hidup sedikit banyak ditentukan oleh peran Anda sebagai orangtua. Agar anak Anda bisa mencapai semua potensi yang dimilikinya, walaupun dengan ADHD, pastikan Anda melakukan apa yang terbaik baginya.

Seperti yang dilansir dari Health.com, Selasa (15/3/2016), inilah yang bisa orangtua lakukan untuk mendukung buah hati dengan ADHD-nya:

1. Penyesuaian gaya hidup

Melakukan penyesuaian gaya hidup. Karena anak dengan ADHD memiliki cara kerja otak yang sedikit berbeda dengan anak-anak lain, pastikan Anda memberikan dia arahan sesuai dengan kondisinya. Berikan anak waktu di pagi hari untuk mempersiapkan diri, dan berikan dia ruangan khusus yang tenang dimana dia bisa belajar.

Bantu anak untuk membuat jadwalnya sendiri, mengingat detil-detil yang diperlukannya, dan biarkan dia mengatur waktu dan jadwalnya sendiri. Dengan demikian, Anda memberikan kesempatan pada anak untuk berkembang sesuai dengan kebutuhannya.

2. Percaya akan kemampuan dan potensi anak

Walaupun terkadang anak sulit fokus di sekolah, sehingga menyebabkannya sedikit tertinggal secara akademis, Anda harus yakin bahwa sebenarnya anak bisa berhasil, bahkan melebihi anak-anak lain. Karena, anak dengan ADHD biasanya memiliki IQ di atas rata-rata. Sehingga, dengan penanganan dan terapi yang tepat, mereka justru bisa menjadi sukses, bahkan melebihi anak lainnya.

Salah satu penderita ADHD yang paling sukses adalah Michael Phelps, perenang dari Amerika Serikat yang memenangkan 22 medali di ajang olimpiade. Sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

3. Ciptakan pola yang sesuai dengan kebutuhan anak

Karena memiliki kebiasaan dan cara yang berbeda dengan anak-anak lain, anak Anda bisa jadi juga memiliki pola keseharian yang berbeda dengan teman-teman sebayanya. Cari tahu cara terbaik untuk anak Anda menjalani hari-harinya. Seperti misalnya, membiarkan anak Anda banyak melakukan kegiatan fisik di siang hari, agar dia bisa beristirahat dengan cukup di malam hari.

Buat jadwal makan, tidur, dan belajar yang bisa dilakukan anak secara teratur setiap harinya. Hal ini akan membantu anak Anda menjalani kesehariannya, dan melatih fokusnya sedikit demi sedikit.

4. Selalu ada untuknya

Walau memang harus diakui, memiliki anak dengan ADHD akan menuntut kerja keras dan perhatian lebih dari Anda. Namun, dengan cinta dan kesabaran, Anda akan bisa membantu dan membimbing buah hati tercinta Anda untuk sedikit demi sedikit lepas dari gangguan ADHD-nya dan bisa tumbuh dewasa secara normal seperti anak-anak lainnya.

Jadi, jangan pernah menyerah, dan selalu bantu dan bimbing buah hati Anda.