Sukses

Tingkatkan Imun Hingga Jaga Kesehatan Gigi dengan Jambu Biji

Liputan6.com, Jakarta Buah tropis dan musiman ini banyak ditemukan di pasar lokal India dan Indonesia.

Seperti dilansir laman The Health Site, ditulis Senin (14/3/2016) nikmatnya rasa dari jambu biji tak hanya menyegarkan mulut dan mengenyangkan perut melainkan terdapat sejumlah manfaat bagi kesehatan jika mengonsumsi buah ini.

1. Meningkatkan imun tubuh

Jambu biji menjadi salah satu sumber nutrisi vitamin C. Bahkan kandungannya lebih besar sebanyak empat kali dibandingkan vitamin C pada jeruk. 

Vitamin C yang erat kaitannya akan imunitas tubuh tentunya akan semakin meningkat saat konsumsi buat yang satu ini, akibat imun merupakan tiang utama tubuh untuk memerangi infeksi dan patogen.

Peran jambu biji dalam imunitas juga dikaitkan dengan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk menghambat molekul inflamasi.

2. Perlambat penuaan kulit

Radikal bebas pada kulit dapat memicu pembentukan kerutan pada wajah hingga penuaan dini.

Kandungan pada jambu biji seperti vitamin C , vitamin A, dan antioksidan mampu bantu melindungi kulit dari keriput dan garis-garis halus, sehingga membuat penampilan terlihat lebih muda. Tua adalah hal yang pasti terjadi dalam kehidupan manusia namun setidaknya dengan konsumsi jambu dapat memperlambat proses penuaan.

3. Tingkatkan kesehatan jantung

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Human Hypertension menunjukkan, konsumsi jambu seimbang mampu meningkatkan natrium atau kalium tubuh, yang berfungsi mengatur tekanan darah pada penderita hipertensi. Selain itu, jambu biji juga bantu turunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat yang memicu perkembangan penyakit jantung.

4. Mengobati sembelit perut

Sekitar 12 persen dari mengonsumsi jambu biji mencukupi kebutuhan serat pada tubuh - yang berguna untuk memperlancar pembuangan pencernaan hingga mencegah rasa sembelit.

5. Meningkatkan kemampuan penglihatan

Buah yang kaya akan manfaat kesehatan mata memang masih dimiliki oleh wortel, namun tak hanya wortel, kandungan dari jambu biji pun yaitu vitamin A dapat membantu memperbaiki penglihatan mata hingga mengurangi rabun.

6. Baik untuk ibu mengandung

Asam folat dan vitamin B pada jambu menjadi asupan yang direkomendasikan untuk ibu hamil untuk mengembangkan sistem saraf bayi, hingga melindungi bayi dari gangguan neurologis.

7. Manfaat untuk otak

Vitamin B3 dan B6 pada jambu biji berfungsi untuk membantu peningkatan sirkulasi darah ke otak hingga saraf.

8. Pengobatan gigi

Bukan hanya buahnya saja bahkan daun dari jambu biji mampu mengobati rasa sakit pada gigi dengan cara mengonsumsinya. Sifat anti-inflamasi pada daun jambu biji menjadi bahan alami untuk melawan infeksi dan membunuh kumat pada gigi.