Sukses

Minyak Goreng Apa yang Dapat Mencegah Penyakit Jantung?

Benarkah ada minyak goreng jenis tertentu yang dapat membantu kita terhindar dari penyakit jantung?

Liputan6.com, Jakarta Minyak canola dan zaitun merupakan dua jenis minyak paling populer di kalangan pelaku diet saat ini. Para pelaku diet percaya, memasak menggunakan salah satu dari kedua minyak itu akan terhindar dari penyakit jantung.

Ada juga minyak kacang tanah, bunga matahari, dan minyak safflower (minyak kardi) yang memiliki manfaat sama seperti dua jenis minyak di atas. Namun, sejumlah ahli melarang siapa saja memasak dengan minyak bunga matahari dan minyak safflower (minyak kardi). 

Sebenarnya masih belum pasti apa saja minyak yang dapat membantu kita terhindar dari penyakit jantung. "Tidak ada minyak goreng tertentu yang harus dikonsumsi oleh pasien penyakit jantung atau siapa saja yang ingin terhindar dari penyakit jantung," kata ahli gizi dari Mumbai, India, Niti Desai, dikutip dari Times of India, Senin (15/2/2016)

Hal serupa disampaikan Preventive Cardiology and Rehabilitation Expert, Dr Ashish Contractor, "Yang dilihat adalah seberapa sering seseorang menggunakan minyak goreng itu. Dan melihat komposisi spesifik dari minyak goreng."

Menurut Ashish, penggunaan minyak goreng dalam jumlah sedang, sekitar 0,5 sampai 0,7 liter per bulan akan baik-baik saja. Hal yang mungkin berbahaya yaitu ketika seseorang mencampur minyak goreng dengan bahan tambahan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini