Sukses

Pencegahan Gigi Berlubang pada Anak

Liputan6.com, Jakarta Selain menyikat gigi, ada cara untuk mencegah gigi berlubang yang direkomendasikan khususnya bagi anak-anak yaitu teknik fissure sealant. Apa itu?

Menurut Drg Erny Carolita, fissure sealant merupakan bahan yang diletakkan pada pit dan fisura gigi yang ada pada gigi geraham untuk mencegah proses karies gigi. 

"Proses menyikat gigi geraham cenderung sulit dijangkau. Padahal bentuk yang seperti ceruk itu menjadi tempat bersarangnya bakteri bila tidak dibersihkan dengan baik. Untuk itu ada fissure sealent yang membantu gigi geraham memiliki permukaan rata sehingga dapat mencegah adanya sisa makanan yang menyelip dan terhindar dari gigi berlubang," katanya saat ditemui di kliniknya, kawasan Kalibata, Jakarta, Sabtu (23/1/2016).

Erny merekomendasikan fissure sealant ini pada anak usia 5-6 tahun karena gigi geraham permanen mereka tumbuh untuk pertama kalinya. Dan prosedur ini cukup bertahan lama karena berisi bahan yang kuat.

Selain itu, kata Erny, menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi yang benar dan menggunakan mouthwash sesuai anjuran dokter juga dapat mencegah gigi berlubang. Tak hanya itu, pemeriksaan rutin setiap enam bulan sekali juga sangat membantu gigi anak tetap baik hingga dewasa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS