Sukses

Ini Cara Sekolah di AS Turunkan Berat Badan Muridnya

Menyediakan air mineral di kafetaria mampu menurunkan jumlah anak yang kelebihan berat badan di sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Obesitas dan kegemukan pada anak usia sekolah di Amerika Serikat masih tinggi. Berbagai cara dilakukan guna menurunkan berat badan siswa-siswanya. Salah satunya dengan menyediakan air mineral di kafetaria sekolah. Siapa sangka, perubahan kecil ini mampu membantu menurunkan berat badan mereka secara signifikan.

Pada beberapa sekolah di negeri Paman Sam ini disediakan water jets sejak 2009. Ini adalah sumber air minum mineral dengan suhu dingin dan mengandung oksigen. Setelah dilakukan evaluasi, sekolah yang menggunakan water jet anak laki-lakinya yang kelebihan berat badan lebih sedikit 0,9 persen dibandingkan sekolah yang tidak menggunakan.

Sementara itu, pada anak wanita yang miliki berat badan berlebih sekitar 0,6 persen lebih sedikit dibandingkan sekolah yang tidak menggunakan water jet.

"Ini adalah efek kecil. Kami sedang berusaha mencari cara untuk menurunkan berat badan. Sesuatu yang kecil pun tetap penting," terang pemimpin penelitian dari New York University School of Medicine, Amerika Serikat, Brian Elbel seperti dikutip laman Time, Rabu (20/1/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.