Sukses

5 Cara Berat Badan Turun Tanpa Perlu Kelaparan dan Berkeringat

Menurut studi dari Mayo Clinic Proceedings memang ada aktivitas non olahraga yang membantu mengontrol berat badan.

Liputan6.com, New York- Olahraga dan menjaga asupan makanan selalu disebut-sebut sebagai cara untuk membuat berat badan turun. Namun di luar itu, ada hal lain yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa membuat perut kelaparan dan tubuh mengeluarkan keringat. 

Menurut studi dari Mayo Clinic Proceedings memang ada aktivitas non-olahraga yang membantu mengontrol berat badan lebih baik dibandingkan aktivitas fisik seperti olahraga misalnya. 

Salah satunya dengan membuat gerakan saat Anda melakukan sesuatu. Misalnya berdiri saat berbicara di telepon, atau memasak di dapur. "Setiap kegiatan yang melibatkan gerakan lain akan meningkatkan jumlah kalori yang terbakar," terang penulis studi yang juga ahli jantung dari Montefiore-Albert Einstein College of Medicine di New York, Pedro Villablanca.

Bahkan jika Anda hanya melakukan pereganan beberapa menit saat mengbrol dengan rekan kerja bisa membantu menambah jumlah kalori yang terbakar.

Selain itu masih ada empa hal mudah lainnya untuk menurunkan berat badan seperti dikutip laman Prevention, Sabtu (9/1/2015).

1. Tidur cukup

Waduh, ternyata tidur dengan lampu menyala bisa tingkatkan risiko terkena kanker.
Semakin sedikit Anda tidur, hormon yang rasa lapar mengirimkan sinyal untuk meminta tubuh untuk makan secara berlebihan seperti diungkapkan dalam studi di PLOS Medicine.

2. Menghirup aroma peppermint

Ketika seseorang menghirup aroma peppermint setiap dua jam selama lima hari, asupan klori yang masuk ke tubuh 1.800 kalori lebih sedikit daripada yang mengendus plasebo non-peppermint seperti studi di Jurnal Appetite.

Penulis studi mengatakan aroma segar dari peppermint dapat menstimulus area hipotalamus yang mampu membantu mengatur tingkat lapar sehingga nafsu makan ditekan.

3. Beraktivitas di bawah sinar mentari pagi

Olahraga pagimu bakal jadi sia-sia hanya karena lima hal ini.

Coba sekarang jalani hidup lebih pagi. Ternyata seseorang yang semakin sering terpapar sinar matahari pagi cenderung mampu turunkan berat badan seperti diungkap studi dari University of Northwestern, Amerika Serikat.

Menurut peneliti hal ini bisa terjadi karena sinar matahari membantu mengatur jam sirkadian internal (internal circadian clocks) tubuh, terutama matahari pagi.

4. Hindari stres

Sering merasa tidak ketika Anda merasa tidak nyaman, seperti gelisah, tekanan pekerjaan dan stres nafsu makan jadi tak terkendali? Jika iya, hal tersebut tak cuma terjadi pada Anda. Menurut studi dari Yale dan University of California, San Francisco, Amerika Serikat semakin Anda merasa stres, semakin besar kemungkinan makan berlebihan. Untuk mengurangi stres salah satu caranya dengan berjalan-jalan di alam bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.