Sukses

8 Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan dan flu sepertinya sudah seperti teman karib. Namun dengan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda tak perlu khawatir flu datang menghampiri. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang ampuh meningkatkan imun tubuh.

Tak perlu aneh-aneh, makanan yang biasa kita temui mampu buat tubuh jadi lebih kuat lawan penyakit. Mulai dari bawang putih hingga jamur, ahli nutrisi holistik dari Moss Wellness, New York, Andrea Moss memaparkannya kepada Daily Mail dikutip Rabu (6/1/2015).

1. Bawang putih

Meski bisa timbulkan bau mulut, namun bawang putih merupakan salah satu makanan yang mampu tingkatkan imunitas tubuh. "Bawang putih memiliki antiviral dan antibakteri alami di dalamnya," tutur Andrea.

Kandungan sulfuric bernama allicin yang bisa membuat daya tahan tubuh meningkat. Oleh karena itu ia merekomendasikan bagi seseorang yang sudah merasakan gejala flu agar segera mengambil satu siung bawang putih mentah kemudian memotong jadi empat atau lima bagian. Lalu mengonsumsinya.

2. Yogurt

Untuk menjaga daya tahan tubuh kuat, tambahkan yogurt dalam menu sarapan Anda. Produk olahan susu yang satu ini mengandung probiotik yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

"Selain itu yogurt membantu menjaga kondisi usus sehat. Sekitar 70-80 persen imunitas tubuh ditentukan oleh keadaan usus. Menjaga keseimbangan lingkungan di usus sebagai salah satu cara melawan penyakit," tutur Andrea.

3. Sup ayam

Mengonsumsi sup ayam di kala hujan pasti terasa lebih nikmat. Tak cuma itu, ini juga salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kandungan air dalam sajian makanan ini membantu menjaga tubuh terhidrasi.

Selain itu, bila memasak sop bersama kaldu tulang ayam juga bermanfaat. Terdapat kandungan mineral seperti mangensium, fosfor, dan sulfur. Serta asam amino yang bermanfaat sebagai antiperadangan.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, paling tidak seminggu tiga kali untuk mengonsumsi sup ayam. Jika Anda tidak mengonsumsi daging, sop berbahan dasar sayuran juga tak masalah.

2 dari 2 halaman

Sayur dan buah

4. Bayam

"Ini adalah makanan super, terlebih ketika berbicara tentang meningkatkan daya tahan tubuh, sayuran ini mampu melakukannya," terang Andrea.

Di dalam bayam terdapat asam folat yang membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Bayam kaya akan Vitamin C yang bahkan lebih tinggi dari buah sitrus. "Ini adalah salah satu sumber terbaik kalium dan magnesium yang mampu bertindak sebagai elektrolit, menjaga tubuh terhidrasi dengan baik serta menjaga energi tubuh," seperti dipaparkan para ahli gizi.

5. Brokoli

Menurut Andrea, brokoli mampu berperan melawan penyakit serta meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebakan sayuran berwarna hijau ini mampu membantu tubuh lakoni detoks alami serta melawan penyakit.

Selain itu brokoli mengandung asam amino kolin yang membantu sel-sel berfungsi dengan sebagaimanamestinya dan menjaga agar usus tetap sehat. Sayuran lezat ini juga mengandung Vitamin C dan kalsium, yang mendukung peningkatan daya tahan tubuh.

Paling tidak konsumsi brokoli dua kali seminggu.

6. Kayu manis

Menambahkan taburan kayu manis dalam kopi atau oatmeal akan timbulkan sensasi rasa baru dalam menu sajian tersebut. Selain itu juga meningkatkan daya tahan tubuh. "Kayu manus merupakan antiviral, antibakteri, antijamur," terang Andrea.

Selain itu, juga mampu membantu meningkatkan sistem kerja pencernaan. Serta bantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

7. Semangka

"Buah ini kaya Vitamin C, A, dan likopen yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu buah segar ini juga mengurangi infeksi, peradangan, dan radikal bebas," tutur Andrea.

8. Jamur

Jamur merupakan salah satu sumber Vitamin D serta zinc. Selain itu jamur yang merupakan fungal, berperan sebagai agen yang mendukung daya tahan tubuh dengan cara mematikan virus dan bakteri.

Loading