Sukses

Sepatu Datar Juga Bisa Buat Kaki Sakit

Paling tidak kenakan sepatu berhak dua inchi agar kaki tidak sakit.

Liputan6.com, New York- Selama ini sepatu hak tinggi sering disalahkan sebagai penyebab rasa sakit pada kaki. Namun sepatu tanpa hak alias sepatu datar (flat shoes) juga bisa sebabkan hal tersebut terjadi.

"Ada banyak diagnosis yang dikaitkan dengan sepatu berhak, namun jumlahnya kasusnya setara dengan sepatu datar," terang podiatrist dari Chicago, Amerika Serikat dokter Megan Leahy.

Ketika Anda memiliki sepatu terlalu datar, ujung jari terlalu sempit hal ini membuat distribusi tekanan pada setiap langkah jadi terkonsentrasi hanya pada beberapa titik. Ini menyebabkan cedera pada bagian ujung kaki, lutut, punggung, pinggul, bahkan bahu.

Sementara, sepatu datar dengan alas keras dan tanpa lengkungan menyebabkan nyeri pada bagian tumit seperti dituturkan dokter David Schofield.

Oleh karena itu jika Anda merasakan kaki sakit, lelah, dan bengkak usai memakai sepatu baru lebih dari dua harimaka itu tidaklah wajar.

Dokter Leahy nyatakan, sepatu baiknya memiliki hak sekitar dua inci. Ini merupakan tinggi hak yang tepat termasuk mengurangi tekanan otot tendon Achilles seperti dikutip laman Good Housekeeping, Kamis (10/12/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.