Sukses

Cacing Gelang Bisa Bantu Wanita Cepat Hamil?

Cacing di dalam tubuh tak selamanya buruk buat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Cacing di dalam tubuh tak selamanya buruk buat kesehatan. Cacing gelang satu ini malah membuat wanita subur dan bisa hamil beberapa kali.

Cacing gelang yang dimaksud adalah Ascaris lumbricoides. Menurut studi yang diterbitkan Jurnal Science, terinfeksi jenis cacing parasit ini bisa membantu wanita hamil.

Cacing gelang ini memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan dapat membuat wanita lebih mungkin untuk hamil, serta memiliki lebih banyak anak.

Temuan tersebut berasal dari penelitian yang melibatkan 986 perempuan di Bolivia. Hebatnya, rata-rata perempuan Tsimane di negara Amerika Selatan itu memiliki 9 anak. Dan 70 persen dari populasi terinfeksi parasit cacing.

"Terinfeksi cacing gelang (Ascaris lumbricoides) dikaitkan dengan kehamilan pertama yang lebih cepat dan interval antar kelahiran dipersingkat," begitu isi penelitian seperti dilansir Mirror, Senin (23/11/2015).

Peneliti menduga mungkin ada efek penting pada kesuburan manusia yang mencerminkan konsekuensi fisiologis dan imunologis dari infeksi. Penelitian ini diharapkan akan menciptakan obat di masa depan.

Prof Allan Pacey, seorang ilmuwan kesuburan di Universitas Sheffield, optimis dengan temuan ini. Ia berharap penelitian lebih lanjut pada imunologi wanita yang terinfeksi namun menjadi subur bisa menghasilkan obat.

"Saya tidak ingin menyarankan wanita untuk mencoba dan terinfeksi cacing gelang sebagai cara untuk meningkatkan kesuburan mereka," tandasnya. (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini