Sukses

Sontek 6 Pola Hidup Sehat Wanita di Seluruh Dunia

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan di dunia kesehatan dan kecantikan membuat Anda sebagai wanita punya banyak pilihan untuk melakukan perawatan yang aman.

Untuk mendapatkan tubuh sehat, ramping, cantik, bahagia, dan terhindar dari stres tentunya, para ahli di seluruh dunia tahu apa yang harus Anda lakukan.

Sebetulnya, pola hidup sehat sangat mudah untuk diterapkan. Namun tak bisa disamaratakan karena tiap individu punya kondisi tubuh yang berbeda-beda. Masih dalam semangat peringatan Hari Kesehatan Nasional, berikut 6 pola hidup sehat wanita di seluruh dunia dikutip dari laman prevention.com pada Jumat (13/11/2015).

1. 'Cantik' dengan air

Wanita sehat di Meksiko membuat minuman segarnya sendiri, yakni Aguas frescas, untuk memastikan asupan H2O yang cukup. "Minuman segar menggantikan minuman berkalori tinggi dan menambah asupan vitamin, mineral, dan anti-oksidan di atas meja Anda," kata Yvonne Trevino Hayek, ahli gizi Meksiko sekaligus atlet lari.

Aguas frescas buatan restoran atau pedagang di pinggir jalan biasanya mengandung banyak gula. Tapi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan hanya mencampurkan buah-buahan segar, sayuran, atau tumbuh-tumbuhan ke dalam air dingin. "Rasa yang paling populer adalah mentimun, lemon, kembang sepatu, dan kelapa," kata Hayek.

2. Bekerja untuk hidup, bukan hidup untuk bekerja

"Keseimbangan adalah salah satu istilah paling keren di antara wanita di Australia sekarang," kata editor Prevention, Jacqueline Mooney. Para perempuan di sana tengah berjuang untuk menjalani putaran kehidupan yang baik. Menurut mereka, kunci kesuksesan dan hidup sehat adalah dengan melakukan kegiatan sosial dan liburan yang rutin di alam terbuka

Dengan berlibur, pikiran akan kembali segar untuk mendapatkan ide-ide baru saat bekerja. Dan yagn paling utama kesehatan mental dan fisik lebih terjaga.

3. Sepeda untuk transportasi, bukan rekreasi

Wanita di Belanda sudah terbiasa berpergian dengan menggunakan sepeda. Orang-orang di Negeri Kincir Angin tersebut menggunakan sepeda untuk sekitar sepertiga kegiatan sehari-hari mereka.

"Itu rahasia kami untuk kaki-kaki cantik ini,"kata ahli gizi Belanda dan pelatih kesehatan, Yneke Vocking.

2 dari 2 halaman

Pijat dan Eksis di Lingkungan

4. Sayuran sebagai menu utama

"Yunani punya tingkat konsumsi tertinggi untuk sayuran di dunia," kata Elena Paravantes, editor olivetomato.com. Beberapa studi telah menemukan diet sayuran membantu Anda tetap sehat di usia Anda.

Temuan terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan diet vegetarian yang sehat mendapatkan asupan lebih beberapa nutrisi termasuk magnesium, kalium, dan vitamin K, yang melawan osteoporosis.

5. Pijat secara teratur

Kalau wanita Amerika hanya pijat ketika cedera, wanita Thailand kalau pemijatan secara rutin membuat Anda tetap sehat, bugar, dan ramping. Menurut Nitra Kitiyakara, penulis dua buku tentang yoga dan kesadaran, banyak studi telah menemukan pijat ala Thai dapat meningkatkan kebugaran fisik, termasuk fleksibilitas, kelincahan, kecepatan, dan kekuatan.

6. Bersosialisasi

"Wanita Swedia bersantai dan menghilangkan stres dengan cara menikmati pertemuannya bersama teman-teman mereka," kata Emma Lindblom, ahli gizi di Swedia. Lindblom menjelaskan bahwa waktu libur kerja wanita di sana sebagian besar dipakai untuk bersosialisasi.

Sejumlah penelitian juga telah menemukanwanita yang memiliki hubungan sosialkuat bisa lebih bahagia dan sehat. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Perspectives on Psychological Science menemukan kalau persahabatan yang solid membantu Anda hidup lebih lama.