Sukses

Waspada, Kanker Payudara Ada Banyak Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Jangan heran bila treatment atau pengobatan pada orang dengan kanker payudara berbeda-beda. Sebab, jenis dan besar dari kanker payudara itu berbeda, plus keterlibatan kelenjar getah bening ketiak yang berbeda juga.

Dalam diskusi Women's Talk yang diadakan Liputan6.com pada Sabtu (31/10/2015) siang, Dr Alfiah Amiruddin mengatakan, berdasarkan klasifikasi organisasi kesehatan dunia (WHO) kanker payudara ada dua puluh jenis.

"Kalau kita buka klasifikasi WHO tersebut, kanker payudara bukan sekedar kanker, dan bukan juga sesimpel yang orang tahu. Di situ dijelaskan juga varian-varian dari kanker payudara," kata Alfiah.

Lebih lanjut, ada kanker yang cuma dengan dikemoterapi saja sudah bisa teratasi tanpa perlu operasi, atau bahkan sebaliknya. "Secara garis besar, kanker payudara itu jenisnya banyak sekali. Tampilannya juga berbeda," kata Alfiah melanjutkan.

Alfiah menjelaskan, kebanyakan kanker payudara yang dialami para wanita adalah yang asal selnya dari jaringan saluran payudara, dan dari kelenjarnya.

"Ada istilahnya dactro karsinoma, lobular carcinoma. Masing-masing punya tangan sendiri," kata Alfiah menekankan.

Loading