Sukses

Dhini Aminarti Peduli Kesehatan Payudara Sejak Remaja

Sejak awal menstruasi, Dhini sudah lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Liputan6.com, Jakarta Pesinetron Dhini Aminarti (32) sudah sejak dini memahami pentingnya menjaga kesehatan payudara. Salah satunya dengan melakukan SADARI alias periksa payudara sendiri sejak usia belasan tahun.

"Dari awal aku menstruasi, sudah melakukan hal ini (SADARI). Jadi sudah sejak kecil aku lakukan ini," tutur Dhini di sela-sela acara Pink Ribbon Run and Walk di FX Plaza, Jakarta pada Minggu (1/11/2015).

Sang ibunda yang memberitahu pentingnya melakukan SADARI, tepatnya pada hari ke 7-10 usai menstruasi. Sehingga jika ditemukan hal-hal yang dirasa aneh pada payudara bisa segera terdeteksi.

SADARI memang deteksi dini kanker payudara yang murah meriah seperti diungkapkan dokter spesialis bedah onkologi Budi Harapan Siregar dalam kesempatan yang berbeda. Metode ini memiliki akurasi untuk mengetahui ada tidaknya kanker payudara hingga 20 persen.

Caranya dengan menggunakan tiga jari lalu meraba payudara termasuk pada bagian ketiak secara lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini