Sukses

Berapa Banyak Manusia Boleh Konsumsi Daging?

Berapa banyak manusia masih bisa mentoleransi daging dalam perutnya?

Liputan6.com, Jakarta Tentu sebagian dari Anda tahu manfaat daging yang tinggi zat besi dan protein. Namun di balik itu semua ternyata ada bahaya tersembunyi dari konsumsi daging merah atau daging olahan secara berlebihan. Lantas sebenarnya berapa banyak manusia bisa mentoleransi daging dalam perutnya?

Laman Mayo Clinic, Rabu (28/10/2015) melaporkan, orang dewasa pada umumnya hanya membutuhkan 10 sampai 35 persen protein dari total kalori harian. Bila dihitung dari diet 2.000 kalori per hari, jumlah ini ternyata hanya sekitar 50 sampai 175 gram protein (sepotong kecil daging) saja per hari. Dan tentu saja, Anda bisa mendapatkan protein dari sumber selain daging.

 

Baca Juga

 

Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan protein dari berbagai macam jenis termasuk telur, susu rendah lemak dan produk kacang-kacangan, kedelai, dan biji-bijian. 

Menurut ahli kesehatan, pola makan nabati, yang lebih banyak menyarankan sayur, buah, kacang-kacangan, umumnya memiliki berat badan kurang, dan berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

Sebuah studi yang dilakukan National Cancer Institute menemukan, 30 persen dari 500.000 peserta yang terlibat dalam penelitian yang mengonsumsi daging merah lebih rentan meninggal akibat penyakit. Begitu juga dengan konsumsi daging olahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini