Sukses

Salah Pilih Sepatu Olahraga Bikin Kaki Retak

Selain membuat aktivitas olahraga Anda menjadi lebih nyaman, sepatu juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Sepatu adalah salah satu atribut paling penting saat Anda berolahraga, kenapa? Karena selain membuat aktivitas olahraga Anda menjadi lebih nyaman, sepatu juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan.

Lansiran dari WebMD, ditulis Kamis, 15/10/2015, menerangkan bahayanya salah memilih sepatu olahraga:

1. Cedera pada kaki

Mengenakan sepatu yang salah dapat membuat kaki Anda lecet, keseleo, dan bahkan bengkak. Selain itu, sepatu olahraga yang tepat juga dapat mengurangi risiko kapalan.

2. Menderita plantar fasciitis

Sepatu yang salah dapat menyebabkan nyeri pada plantar fascia Anda, yaitu jaringan tisu pada tumit. Tumit Anda akan terasa nyeri akibat hentakan terus menerus yang terjadi pada saat Anda lari tanpa perlindungan dari sepatu yang tepat.

3. Retak pada tulang

Sepatu yang salah tidak bisa mengurangi kerasnya hentakan kaki Anda pada saat berolahraga. Hal inilah yang dapat menyebabkan keretakan pada tulang kaki akibat hentakan repetitif yang Anda lakukan.

4. Pengapuran pada sendi

Berolahraga secara rutin dapat mengurangi terjadinya pengapuran pada sendi-sendi Anda. Namun memilih sepatu yang salah justru akan meningkatkan risiko pengapuran tadi. Hal ini disebabkan karena sepatu yang Anda kenakan tak dapat mendukung dan menyempurnakan gerakan olahraga yang Anda lakukan. (Nils)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini