Sukses

Seperti Ini Ciri Hewan Kurban yang Sehat Sempurna

Penyembelihan hewan kurban biasanya dilakukan setelah shalat Idul Adha

Liputan6.com, Jakarta Penyembelihan hewan kurban biasanya dilakukan setelah shalat Idul Adha (tanggal 10 Dzulhijjah) sampai terbenam matahari tanggal 13 Dulhijjah (hari tasyriq yang terakhir). Jadi dilakukan selama 4 hari yaitu tanggal 10,11,12,13 Dzulhijjah.

Sebelum disembelih, lakukan dahulu pemeriksaan pada hewan. Menurut Turoso,ST.P, Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo hewan kurban yang sempurna secara fisik adalah yang lengkap semua anggota badan, prinsip simetris untuk anggota badan yang berpasangan seperti mata, kaki, hidung. Gerakannya juga lincah, respon aktif terhadap bunyi dan gerakan benda, bulu bersih mengkilat dan tidak berdiri, mata bersih.

Sementara itu, pemeriksaan pasca penyembelihan yang perlu diperhatikan antara lain :

1. Karkas : sehat tampak kompak dengan warna merah merata dan lembab.
2. Paru-paru: paru-paru sehat berwarna pink, jika diremas terasa empuk dan teraba gelembung udara tidak lengket dengan bagian tubuh lain, tidak bengkak dengan kondisi tepi-tepi yang tajam.
3. Jantung: ujung jantung terkesan agak lancip, bagian luarnya mulus tanpa ada bercak-bercak pendarahan.
4. Hati: warna merah agak gelap secara merata dengan kantong empedu yang relatif kecil, konsistensi kenyal dengan tepi-tepi yang cenderung tajam.
5. Limpa: ukuran limpa lebih kecil daripada ukuran hati,dengan warna merah keunguan, pada penderita anthrax keadaan limpa membengkak hebat.
6. Ginjal: kedua ginjal di bagian luar keadaanya mulus dengan bentuk dan ukuran relatif simetris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini