Sukses

Memilih Minyak Esensial Sesuai Kebutuhan

Liputan6.com, Jakarta Saat ini terapi aroma adalah gaya hidup yang sedang digemari. Berbagai masalah bisa dibantu dengan wewangian alami ini. Sedang mengalami stress, tak bisa tidur, pusing, atau kebanyakan makan? Kenapa tidak diatasi dengan terapi aroma?

Masalahnya, setiap minyak esensial masing-masing punya ciri khusus dan cocok digunakan oleh pribadi tertentu. Misalnya, minyak yang bersifat stimulatif tidak cocok digunakan untuk pengidap darah tinggi atau wanita hamil.

Bingung memilih minyak esensial? Ikuti kuis berikut ini dan cari tahu minyak apa yang Anda butuhkan. Wanita hamil dan penderita sakit jantung sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak esensial.

1. Apakah Anda merasa sangat kelelahan?

2. Apakah Anda kadang merasa sedih dan suasana hati berubah-ubah?

3. Apakah Anda merasa seolah-olah seperti sedang menggunakan sebuah lift?

4. Apakah Anda merasa perlu asupan lebih energi?

5. Apakah Anda kadang makan terlalu berlebihan?

6. Apakah Anda mengalami perubahan suasana hati yang drastis akhir-akhir ini?

7. Apakah Anda kadang terbangun di tengah malam dan tak dapat tidur kembali?

8. Apakah Anda merasa cemas?

9. Apakah Anda merasa stres dan tertekan?

10. Apakah Anda kurang tidur?

11. Apakah kehidupan seks Anda kurang 'hidup'?

2 dari 2 halaman

Jika Anda menjawab ya

Jika Anda menjawab ya:

1. Untuk pertanyaan nomor 1, 2, 3, 4, 7, atau 10 gunakan minyak esensial antidepresan seperti bergamot, clary sage, melati, lavender, lemon, patchouli, pepermin, mawar, geranium, rosemary, rosewood, cendana, ylang-ylang.

2. Untuk pertanyaan nomor 5, cobalah minyak esensial ini untuk mencegah makan berlebihan, yakni minyak buah anggur (grape fruit oil).

3. Untuk pertanyaan nomor 2 atau 6, cobalah minyak ini untuk menyeimbangkan perubahan suasana hati: bergamot, buah anggur, melati, juniper, rose, rosewood.

4. Untuk pertanyaan nomor 11, cobalah minyak ini untuk meningkatkan gairah seks: clary sage, melati, patchouli, mawar, cendana dan ylang-ylang.

5. Untuk pertanyaan nomor 1, 7, atau 10, cobalah minyak ini untuk membuat tidur nyenyak: clary sage, lavender, mawar, rose geranium, dan ylang-ylang

6. Untuk pertanyaan nomor 5, 7, 9, atau 10, cobalah minyak ini untuk mengurangi stres dan ketegangan: buah anggur, lavender, rose, rose geranium, cendana, vanila, dan ylang-ylang.

7. Untuk pertanyaan nomor 7 atau 10, cobalah minyak ini untuk mengurangi kecemasan: melati, lavender, lemon, cendana, ylang-ylang.

8. Untuk pertanyaan nomor 1, 3, atau 4 cobalah minyak ini untuk membuat awet muda: lemon dan pepermin.