Sukses

Apa Penyebab Jerawat Muncul di Usia 30-an?

Jerawat tak cuma masalah remaja.

Liputan6.com, London - Jangan pikir, bahwa jerawat merupakan masalah di usia remaja. Wanita yang sudah menginjak 30 atau 40-an tahun pun masih banyak yang memiliki masalah ini. Menurut studi dari WhatClinic, 88 persen ahli kulit menyatakan sekitar sepertiga orang di atas 35 tahun memiliki masalah dengan noda dan jerawat.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan jerawat di usia dewasa. Ahli di bidang kecantikan serta ahli hormon, dokter Terry Loong mengungkapkan beberap pemicu jerawat pada orang dewasa seperti dikutip Mirror, Selasa (18/8/2015).

1. Konsumsi makanan tinggi gula
Banyak mengonsumsi makanan tinggi gula bisa meningkatkan produksi minyak yang ada di kulit sehingga membuat jerawat mudah datang.

2. Stres
Peningkatan hormon stres yang disebut kortisol meningkatkan gula darah, peradangan, dan tekanan darah. Hal ini juga memengaruhi kesehatan usus sehingga memengaruhi pencernaan dan penyerapan nutrisi.

3. Sensitivitas makanan
Intoleransi makanan yang disebabkan secara genetik dapat memicu jerawat, ruam kulit, sakit dan nyeri. Susu, kafein, gluten, alkohol, kacang, merupakan beberapa contohnya.

4. Polusi
Asap knalpot dan bahan kimia beracun dapat menyebabkan peradangan, penyumbatan pori, dan risiko jerawat lebih tinggi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini