Sukses

Cegah Jemaah Haji Tertular MERS-CoV, Menkes Ingatkan Pakai Masker

Selalu bawa obat-obatan, jangan lupa disinfektan serta menggunakan masker di tempat ramai.

Liputan6.com, Jakarta Jelang keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci, Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek mengingatkan agar jangan hanya membawa obat-obatan tapi juga masker dan disinfektan yang digunakan di saat-saat diperlukan. Hal ini dilakukan demi mencegah jemaah haji kita terhindar dari MERS-CoV yang memang bermula dari Timur Tengah.

"Jadi, kami memberikan masker, disinfektan. Lalu pada saat batuk meminta memakai masker. Kemudian pada saat ada kerumuman lebih baik memakai masker. Jangan sampai membawa obat-obatan, tapi maskernya lupa dibawa," terang Nila kepada awak pers usai Seminar Cegah Resistensi Antibiotik di Jakarta ditulis Kamis (6/8/2015).

Nila Moeloek berbincang kepada wartawan tentang pentingnya jemaah haji menggunakan masker, membawa disinfektan dan obat-obatan selama di Tanah Suci. (Foto: Sehat Negriku)

Waktu pemberian benda-benda untuk pencegahan terjangkit MERS-CoV ini diperhatikan benar oleh Kementerian Kesehatan karena kecenderungan masyarakat yang lebih mementingkan membawa barang lain.

"Takutnya kalau diberikan di sini ya itu tadi, yang lain-lain lebih dipikirkan. Lebih membawa hal-hal lain seperti nasi bungkus, padahal di pesawat sudah pasti dapat makanan. Misalnya seperti itu," terang Nila.

Jangan lupa, selama di sana jemaah diminta untuk menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan. Serta mengindari pergi ke rumah sakit bila tidak perlu. Ditakutkan bila ada MERS-CoV, bisa terkontaminasi di rumah sakit tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.