Sukses

4 Risiko Kesehatan yang Rentan Dialami Pemudik Bermotor

Mengendarai motor selama berjam-jam dapat mengakibatkan terjadinya empat masalah yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah individu masih mempertahankan tradisi melakukan perjalanan ke kampung halaman alias mudik menggunakan motor. Dengan mengendarai kendaraan roda dua, biaya yang harus dikeluarkan para pemudik jauh lebih sedikit. Sehingga sisa uang yang ada dapat digunakan sebagai THR (tunjangan hari raya) bagi sanak keluarga.

Namun, para pemudik lupa kalau melakukan perjalanan jauh menggunakan motor memiliki risiko cukup besar. Dan sudah tentu mereka harus mengeluarkan biaya yang lebih besar bila mengalami suatu hal yang tidak diinginkan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Prof dr Tjandra Yoga Aditama mengatakan, mengendarai motor selama berjam-jam dapat mengakibatkan terjadinya empat masalah yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Berikut penjelasannya seperti dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa (14/7/2015).

1. Duduk di atas jok motor selama berjam-jam bisa menyebabkan rasa sakit di punggung. Hal ini biasanya disebabkan masalah kekakuan otot.

2. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa duduk selama lebih dari empat jam dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh, baik kolesterol maupun gula darah.

3. Bermotor terlalu lama juga dapat menyebabkan nyeri leher. Keluhan ibu bisa disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang belakang.

4. Selain itu, risiko kecelakaan pun rentan dialami pemudik yang menggunakan motor akibat konsentrasi yang menurun dan juga kelelahan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini