Sukses

Semakin Cepat Dikenali, Leukemia pada Anak Dapat Disembuhkan

Semakin dini orangtua mengetahui si buah hati mengidap leukemia, semakin besar pula peluangnya untuk sembuh.

Liputan6.com, Jakarta Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Mururul Aisyi menyayangkan kurangnya kesadaran masyarakat, terlebih orangtua dalam mendiagnosa kanker darah (leukemia) pada anak. Di Dharmais, hanya 15 persen anak yang datang dalam keadaan stadium 1, sisanya sudah stadium lanjut dan sulit tertolong.

Aisyi menjelaskan, semakin dini orangtua mengetahui si buah hati mengidap leukemia, semakin besar pula peluangnya untuk sembuh. "Di luar negeri, tingkat ketahanan pada anak secara global bisa mencapai 80 hingga 85 persen. Sedangkan pada orang dewasa hanya 60 persen," kata Aisyi.

Hal terjadi karena tingkat kekacauan sel pada kanker anak lebih rendah dibanding orang dewasa.

Dalam diskusi `Survivor Speak Up!! Childhood Cancer Myths` yang ada digagas Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) di Kediaman Agum Gumelar pada Sabtu (25/6/2015), Aisyi menekankan agar orangtua mengenali apa saja gejala dan tanda leukemia pada anak guna menemukan kasus ini lebih awal.

"Saya menyebutnya 3 P. Panas, pucat, dan pendarahan," kata Aisyi. "Perdarahannya bisa di gusi atau bintik-bintik merah di kulit seperti demam berdarah," kata Aisyi menambahkan.

Biasanya, diikuti dengan gejala lain, seperti pembesaran kelenjar getah bening di leher atau hati. "Berhubung kita hidup di negara tropis, banyak yang mengira kalau itu demam berdarah. Padahal, bisa jadi tanda awal leukemia," kata Aisyi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini