Sukses

Agar Gula Darah Stabil, Awali Makan dengan Sayur dan Protein

Liputan6.com, Jakarta Urutan makan yang masuk ke mulut ternyata penting diperhatikan. Mengawali makan dengan mengonsumsi sayur dan protein kemudian mengakhiri dengan karbohidrat akan membuat rasa kenyang lebih lama dibandingkan makan dengan urutan terbalik.

Hal ini disebabkan protein memperlambat pelepasan gula dari karbohidrat ke aliran darah sehingga mencegah kadar gula melonjak tinggi yang berakibat muncul rasa lapar dalam tempo cepat.

Para dokter mengatakan temuan ini sangat penting terutama bagi diabetesi yang harus menjaga kadar gula darah mereka. Selain itu, dokter juga mengatakan orang yang kelebihan berat badan dan obesitas serta diabetesi tipe 2 akan lebih baik mengawali makan dengan sayur dan protein lalu mengakhirinya dengan karbohidrat.

"Habiskan brokoli dan ayam baru kemudian roti akan membuat kenaikan gula darah dalam level rendah dua jam kemudian dibandingkan makan dengan makanan yang sama namun urutannya berkebalikan," tulis peneliti dalam Jurnal Diabetes Care.

Penulis senior studi tersebut dari Weill Cornell Medical College, New York, Dr Louis Aronne mengungkakan rasa senangnya atas penemuan tersebut yang bisa bermanfaat bagi orang lain. "Sehingga orang bisa memasukan menu makanan yang diinginkan ke menu harian seseorang," terangnya seperti dikutip laman Daily Mail, Senin (29/6/2015).

Baca juga:

Kayu Manis, Pengendali Gula Darah Penyelamat Diabetesi