Sukses

5 Menu Sahur yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Liputan6.com, Jakarta Agar bisa menjalani puasa seharian dengan optimal tanpa lapar, sahur penting untuk dilakukan selama Bulan Ramadan. Makanan yang dikonsumsi akan mendukung aktivitas Anda selama seharian.

Selama 13 jam menahan lapar dan haus, secara teori gizi maka menu makanan dipilih itu yang pelan-pelan diolah tubuh atau slow released seperti diungkapkan Ketua PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Hardinsyah.

"Ciri-ciri makanan slow released adalah kalau ada banyak serat di dalamnya," terang Hardinsyah dalam saat berada di Balai Kartini beberapa saat lalu, ditulis Rabu (17/6/2015).

Beberapa makanan kaya serat yang pas untuk menu sahur yang dirangkum dari beberapa sumber adalah:

1. Jagung
"Jagung itu sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur, karena seratnya tinggi yang membuat rasa kenyang lebih lama," terang Hardinsyah.

2. Susu Sereal
Salah satu sumber makanan yang memiliki serat. "Ada baiknya jika sahur menggunakan susu sereal menambahkan buah-buahan tinggi serat juga," terang Hardinsyah.

2 dari 2 halaman

Oatmeal

3. Oatmeal
Satu porsi oatmeal mengandung 4 gram serat. Mengonsumi oatmeal beserta buah lain tak ada solusinya.

4. Brokoli
Sayur yang satu ini cocok dimasak dalam menu sahur Anda. Satu cup brokoli rebus mengandung 5.1 gram serat seperti dikutip laman Huffington Post, pada Rabu (17/6/2015).

5. Buah tinggi serat
Pilih buah stroberi, mangga, pir atau jeruk sebagai menu sahur karena buah-buahan tersebut tinggi serat. Sedangkan buah pisang dan avokad mudah dicerna yang membuat lapar lebih cepat datang.

Jangan lupakan juga asupan protein serta air putih di dalamnya.