Sukses

Yoga 20 Menit yang Bikin Otak Encer

Melakukan sesi yoga selama 20 dapat meningkatkan fungsi otak dengan cepat.

Liputan6.com, New Delhi Sebuah penelitian yang dilakukan University of Illinois di Urbana-Champaign menemukan, melakukan sesi yoga selama 20 dapat meningkatkan fungsi otak dengan cepat.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health ini mengungkap bagaimana peserta menyelesaikan tes kemampuan mengingat setelah berlatih Hatha yoga dalam 20 menit.

"Jawaban peserta yang melakukan yoga, lebih baik ketimbang mereka yang melakukan aerobik," tulis pemimpin studi, Neha Gothe, seperti dikutip Times of India, Selasa (23/6/2015).

Peneliti melihat, intervensi yoga termasuk duduk, berdiri dan telentang memicu kontraksi dan relaksasi otot dan membuat ritme pernapasan lebih teratur.

"Tampaknya setelah mengikuti latihan yoga, para peserta lebih mampu fokus menerima informasi dengan baik dan akurat. Selain itu, peningkatan kesadaran diri dengan meditasi dan latihan pernapasan yang dalam bisa mengurangi kecemasan dan stres, yang pada gilirannya dapat membuat otak bekerja lebih efektif," pungkasnya. 

Baca juga

Ribuan Pegiat Yoga Kumpul di Senayan dan Tiga Kota Lain 

Lagi Bad Mood? Coba 4 Pose Yoga Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.