Sukses

Wanita Ini Minta Toilet untuk Hadiah Pernikahannya

Chaitali Galakhe hanya akan menikah pada pria yang memberinya toilet.

Liputan6.com, Jakarta Jika biasanya seorang perempuan akan meminta rumah, perhiasan atau alat keperluan rumah tangga lain untuk hadiah pernikahan pada calon suami. Hal ini tidak terjadi di India. Chaitali Galakhe hanya akan menikahi pria yang memberinya toilet.

Gara-gara permintaan itu, Chaitali bahkan dipuji banyak warga, khususnya di Kabupaten Vidarbha. Maklum, kondisi sanitasi di beberapa wilayah di India kurang bersih. Masih banyak perempuan yang buang air di sumur atau di bawah pohon.

"Di rumah saya tidak ada toilet. Dan saya yakin memintanya karena saya tidak ingin perhiasan, kulkas atau pendingin udara," katanya, seperti diberitakan Idiva, Selasa (19/5/2015).

Terkesan dengan perbuatannya yang peduli akan sanitasi, sebuah organisasi non-pemerintah (NGO), Sulabh International, memberinya hadiah uang tunai.

`Tidak ada toilet, tidak ada pernikahan'. Kampanye unik yang terinspirasi dari kisah Chaitali ini kemudian digaungkan oleh mantan Menteri Jairam Ramesh untuk meningkatkan kesadaran sanitasi di India.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini