Sukses

Anak Fobia Sekolah? Perhatikan 4 Gejalanya

Apabila empat tanda berikut terlihat pada perilaku anak Anda, kemungkinan dia fobia sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Pada satu titik tertentu, seorang anak akan malas untuk pergi ke sekolah. Namun, bagi seorang anak yang mengidap fobia sekolah (school phobia), akan menghindar untuk pergi ke sekolah tanpa memandang waktu.

Anak-anak yang suka sekolah dengan senang hati menghabiskan banyak waktu di sekolah, sedangkan anak-anak yang mengalami fobia memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama orangtua di rumah.

Mereka yang mengidap fobia sekolah sulit untuk menerangkan kalau mereka enggan ke sekolah karena takut hal-hal tidak mengenakan terjadi. Biasanya, mereka akan cemas dan mudah sekali jatuh sakit bila dipaksa ke sekolah.

Untuk mengetahui apakah aseorang anak mengidap fobia sekolah, orangtua harus memeriksakan terlebih dahulu ke psikolog atau sejumlah pakar yang memahami kondisi ini.

Tapi, Anda dapat mengecek apa saja gejala dari seorang anak yang fobia sekolah.

Berikut tanda dan gejala dari anak yang mengalami fobia sekolah, dikutip dari situs Boldsky, Kamis (14/5/2015).

1. Demam

Mual, diare, sakit kepala, dan demam adalah sejumlah penyakit yang paling umum dialami oleh seorang anak yang mengalami fobia sekolah.

2. Panik

Anak-anak yang menderita gangguan ini cenderung panik ketika berpisah sementara waktu dengan orangtuanya.

3. Gelisah

Mereka tidak bisa tinggal sendiri, dan cenderung cemas bila dibiarkan seorang diri.

4. Insomnia

Masalah tidur juga dialami seorang anak yang mengalami fobia sekolah. Mereka mungkin mengeluh mimpi buruk, dan merasa takut berkepanjangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.