Sukses

Alasan Pria Pilih Istri Mirip Ibunya

Evolusi dan seleksi alam, kaum pria cenderung memilih pasangan wanita yang wajah atau sifatnya menyerupai Ibu mereka

Liputan6.com, Jakarta Para pria, coba sejenak perhatikan kekasih atau istri Anda? Lihatlah wajahnya, bisa jadi wajah perempuan pujaan Anda sekilas mirip dengan ibu Anda.  Itulah hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia. Istri atau kekasih memiliki beberapa kemiripan dengan sang ibu.

Sebanyak 70 pria dan wanita direkrut untuk membandingkan wajah setiap pasangannya. Hasilnya benar-benar menakjubkan. 

Pada responden perempuan, suaminya tak mirip dengan ayahnya. Sedangkan pada responden pria, pasangan wanitanya menyerupai ibu mereka.

"Tak ada yang aneh bila pria tertarik dengan wanita yang menyerupai ibunya," kata Psikolog di University of Turku, Urszula Marcinkowska, Ph.D., dikutip dari laman MensHealth, Rabu (6/5/2015).

Marcinkowska menjelaskan, evolusi dan seleksi alam telah diprogram agar Anda mencari pasangan yang datang dari kelompok spesies yang sama. Dan karena sejak kecil, pria paling dekat dengan ibu, wanita tersebut menjadi template yang dicari pria.

Sedangkan untuk ayah, tak peduli seberapa besar dedikasinya dan kehadirannya, ternyata tak membuat anak perempuan menjadikan ayah sebagai template dalam mencari pasangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oedipus Complex

Oedipus Complex

Namun, kemiripan dengan ibu tak sekadar dalam wajahnya. Michael Kimmel, Ph.D., seorang Sosiolog SUNY menjelaskan, Sigmund Freud mengungkapkan ide dari Oedipus Complex bahwa hubungan dengan ibu berperan besar dalam seberapa baik pria terhubung dengan perempuan di kemudian hari.

"Dasar terbaik dalam romantika yang sehat berhubungan dengan kedekatan dan rasa sayang yang terjalin antara ibu dan putranya," kata Kimmel.

Namun, apabila seorang pria memiliki hubungan keras dengan ibu yang begitu jauh dan mengabaikan, tanpa disadari si pria mencari wanita yang sama untuk pasangannya. Mengapa? 

"Karena Anda mencoba memperbaiki hubungan ibu dan anak yang rusak," kata Ahli Pria dan Lelaki Muda di Cambridge Health Alliance and Harvard Medical School, William Pollack, Ph.D. 

Pollack menyarankan, pria untuk mencari pola hubungan romantisme yang gagal dan bandingkan mereka dengan hubungan Anda bersama ibu. "Apakah Anda melihat persamaannya? Jika iya, ini waktunya mencari perempuan yang tipenya berbeda, yang bukan mirip ibumu,"katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini