Sukses

Rahasia Sederhana Umur Panjang

Rata-rata manusia menginginkan umur panjang. Jika Anda menginginkan itu, konsumsilah serat secara rutin

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard, Amerika Serikat menemukan, umur panjang bisa didapat oleh individu yang rutin menjalani pola diet tinggi serat.

Konsumsi biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan akan mencegah penyakit yang berkaitan dengan pencernaan, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Apalagi saat ini, tidak sedikit kaum muda meninggal akibat sejumlah penyakit tersebut.

Gastroentrologist Rumah Sakit Wythenshawe, Manchester, Profesor Peter Whorwell mengatakan, bila sehari-hari kurang mengonsumsi serat, seseorang mudah sembelit. Bila didiamkan, kotoran yang menumpuk mendatangkan penyakit lainnya.

Baca juga : 7 Bahan Makanan Ini Dapat Memperpanjang Umur Anda

"Ada bukti kalau serat dapat melindungi seseorang terhindar dari kanker usus besar. Namun, apabila sering sembelit, kemungkinan besar akan mengalami ini," kata Peter dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (21/4/2015)

Peter menjelaskan, tak sulit bagi kita mendapatkan sumber makanan tinggi serat. Jika di swalayan harga buah dan sayuran dirasa mahal, kita bisa membelinya di pasar tradisional dengan harga terjangkau. Takut buah dan sayuran di pasar tercemar bahan-bahan yang tidak baik, cucilah sampai bersih sebelum dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan.

Bingung memilih serat yang baik? Peter merekomendasikan kita mengonsumsi brokoli dan kubis, yang dapat diolah menjadi makanan enak dan bermanfaat umur panjang.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.