Sukses

90 Persen Kanker Prostat Bisa Terdeteksi oleh Anjing

Sebuah studi di Milan menemukan manfaat kesehatan dari indera penciuman anjing

Liputan6.com, Milan Sebuah studi di Milan, Italia menemukan manfaat kesehatan dari indera penciuman anjing. Menurut peneliti, anjing yang dilatih bisa mengetahui kanker prostat dengan akurasi hingga 90 persen.

Seperti dikutip Independent, Senin (13/4/2015) penelitian ini dilakukan oleh Departemen Urologi-Humanitas Clinical and Research Centre ini mengidentifikasi urin dari 900 pria. Satu anjing bahkan bisa mengetahui kanker prostat dengan akurasi hampir 98,7 persen. Sedangkan anjing lain, akurasinya mencapai 97. 6 persen.

"40.000 kasus kanker prostat dilaporkan tiap tahun. Kami berusaha mengintervensi masalah tersebut," kata Claire Guest dari Medical Detection Dogs.

"Anjing memiliki kemampuan untuk mendeteksi kanker pada manusia. Sangat menarik karena tingkat keberhasilannya tinggi dalam mendeteksi kanker prostat," jelasnya.

Sebelumnya, pada Maret 2015, peneliti di Jerman menyatakan, anjing mampu mengetahui kanker tiroid dari sampel urin dengan tingkat akurasi 88 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini