Sukses

Waspada, Menguap Berlebihan Bisa Jadi Tanda Sakit Jantung

Menguap mungkin identik dengan kelelahan atau kebosanan. Namun jika intensitasnya sering, mungkin perlu dicurigai tanda suatu penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Menguap mungkin identik dengan kelelahan atau kebosanan. Namun jika intensitasnya sering, mungkin perlu dicurigai tanda suatu penyakit.

Seperti dikutip Livestrong, Senin (13/4/2015) menguap berlebihan dalam istilah medis disebut juga reaksi vasovagal. Reaksi ini disebabkan oleh saraf vagus pada pembuluh darah. Yang menarik, menguap ini juga berhubungan dengan gangguan jantung.

Menurut peneliti dari University of Maryland Medical Center, menguap berlebihan bisa jadi ciri dari kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan diseksi aorta (pecahnya pembuluh darah aorta).

"Jika Anda menguap berlebihan tetapi tidak lelah, mungkin ini Reaksi Vasovagal. Segera ke rumah sakit dan konsultasi untuk mengetahui berapa kali menguap per jam setiap hari," jelas peneliti.

Meski bukan penyakit, menguap berlebihan juga identik dengan masalah tidur sehingga dokter perlu mengukur kadar oksigen, denyut jantung, gerakan mata yang cepat, aktivitas otot dan gelombang otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.