Sukses

5 Efek Samping Berlebihan Minum Teh Hijau

Inilah bahaya yang didapat bila konsumsi teh hijau berlebihan

Liputan6.com, Jakarta - Apa pun juga bila berlebihan selalu tak baik efeknya kecuali kelebihan cinta. Demikian juga bila Anda terlalu banyak mengonsumsi teh hijau. Meski bermanfaat, banyak efek yang merepotkan bila Anda terlalu banyak konsumsi teh hijau. Selain akan kekurangan zat besi dan banyak masalah kesehatan lain, dikutip dari Boldsky, Sabtu (4/4/2015) berikut beberapa efek yang bisa disebut :

1. Denyut jantung tak beraturan

Sama seperti kopi, teh hijau juga mengandung kafein yang dapat sebabkan insomnia, buang air kecil yang berlebihan, denyut jantung tak teratur, sakit perut, mual, diare, dan dengung di telinga.

2. Gangguan hormon

Teh hijau memang kaya antioksidan, tapi dapat sebabkan gangguan sekresi hormon oleh kelenjar bila diminum dalam takaran yang cukup besar.

3. Gangguan pencernaan

Tannin yang ada di dalam teh hijau rangsang lambung untuk keluarkan lebih banyak asam. Efek sampingnya, dapat ganggu masalah pencernaan.

4. Penyerapan gizi

Studi menunjukkan, pada orang yang berlebihan konsumsi teh hijau, zat besi yang masuk akan berkurang.

5. Ubah suasana hati

Kandungan kafein dapat membuat orang yang meminum teh hijau berlebihan kerap cemas dan selalu alami perubahan suasa hati yang tidak biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.