Sukses

Kenaikan Berat Badan Saat Hamil Baiknya 12,5 Kilogram

Untuk mencegah gizi buruk pada saat hamil, berat badan yang disarankan ternyata adalah 12,5 kilogram. Berat ini terdiri dari komponen janin

Liputan6.com, Jakarta Untuk mencegah gizi buruk pada saat hamil, berat badan yang disarankan ternyata adalah 12,5 kilogram. Berat ini terdiri dari komponen janin dan ibu.

Begitu disampaikan Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Hardinsyah. Menurutnya, janin sehat memiliki hitungan sebagai berikut.

Komponen janin

Janin 3.400 gram
Plasenta 1.350 gram
Cairan amnion

Komponen Ibu

Uterus payudara 1.300 gram
Darah 1.250 gram
Cairan extraseluler 1.200 gram
Lemak 4.000 gram

Menurut Hardinsyah ada dua keuntungan bila ibu mendapatkan gizi baik selama hamil. Seperti misalnya, dalam jangka pendek, tumbuh kembang otak anak akan lebih baik, kemudian kenormalan ukuran, komposisi dan kerja organ dan kenormalan proses biokimia dalam tubuh (gula, lemak, protein, hormon, reseptor dan gen).

"Dalam jangka panjang, gizi baik juga bisa membuat anak memiliki kemampuan belajar dan berpikir yang baik. Selain itu, kapasitas organ dan imunitas dan stamina yang baik serta menurunkan risiko gemuk, diabetes, hipertensi dan hiperkolesterol," kata Hardinsyah di sela-sela diskusi Nutritalk, ditulis Selasa (24/3/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini