Sukses

9 Makanan Tak Sehat Penyebab Penuaan

Sangat disarankan untuk menjauhi 9 makanan agar tidak terjadi penuaan dini.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi tua umumnya merupakan hal yang menyeramkan bagi seluruh manusia. Penuaan yang menyebabkan penampilan tampak tidak keren, rambut berubah warna menjadi putih, ketinggalan dengan perubahan teknologi, daya ingat menurun, ketahanan tubuh yang menurun, hingga vitalitas yang menurun.

Ternyata, makanan dapat menyebabkan efek penuaan terlihat lebih cepat. Dalam buku berjudul `The Antioxidant Prescription` yang ditulis oleh Dr. Bryce Wylde ditemukan fakta bahwa penyebab penuaan terletak pada radikal bebas seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest.

Untuk menghindari penuaan dini, Bryce sangat menyarankan untuk menjauhi 9 makanan seperti yang diberikan pada Senin, (23/2/2015), berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Penyebab Penuaan

1. Makanan Cepat Saji

Anda tidak perlu mengetahui detail mengenai keburukan dari makanan cepat saji tersebut. Jauhilah!

2. Makanan Penyebab Berat Badan Naik

Hindari makanan seperti cookies, crackers, makanan dipanggang, atau serupa lainnya yang mengandung minyak terhidrogenasi dan berlemak jahat lainnya.

4. Alkohol

Bukannya melarang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang bisa ditoleransi, tapi konsumsi alkohol secara berlebihan. Hati akan teracuni dengan kapasitas yang berlebihan tersebut. Akibatnya, radikal bebas dalam tubuh akan berlebih pula.

5. Oysters dan Sushi

Mungkin ini berita yang mengejutkan. Sebab, sebagai yang diketahui oysters dan sushi sering disebut sebagai makanan sehat. Namun, nyatanya bakteri yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan penyakit dan kematian. Sangat berisiko jika Anda mengkonsumsi oysters dan ikan dalam keadaan mentah, sebaiknya masak terlebih dahulu.

3 dari 3 halaman

Makanan Penyebab Penuaan

6. Lemak Jenuh Hewani

Lemak yang terdapat dalam hewan, seperti daging sapi dan babi, atau di keju, susu, dan krim bisa memberikan kontribusi penuaan dini karena bisa menghalangi perjalanan nutrisi ke organ-organ tubuh.

7. Minuman Bersoda

Cairan ini biasanya mengandung pemanis buatan, sering juga mengandung kafein, pewarna dan penikmat rasa buatan. Oleh karena itu, minuman bersoda bisa memicu seseorang mengidap diabetes dalam jangka panjang.

8. Cemilan Tinggi Lemak dan Natrium

Meksipun cemilan berbahan dasar sayuran sekalipun, tetap saja berbahaya. Sebab, kandungan seperti garam dalam memicu naiknya tekanan darah. Makanan tinggi lemak dan natrium bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis.

9. Makanan yang Dibekukan

Jangan biarkan kemalasan harus menyingkirkan Anda dari hidup sehat dan hanya mengkonsumsi makanan yang dibekukan sebagai nutrisi tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini