Sukses

BPOM Banten Bakal Uji Lab Apel yang Diduga Berbakteri

Puluhan kilogram apel yang jenisnya diduga berbakteri asal Amerika ternyata masih beredar di wilayah Serang Banten. BPOM akan menguji lab.

Liputan6.com, Jakarta Puluhan kilogram apel berbakteri asal Amerika ternyata masih beredar di wilayah Serang Banten. Apel tersebut masing-masing sebanyak 6 kilogram untuk Royal Gala dan 40 kilogram untk Granny Smitch. Untuk itu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Apel berbakteri tersebut ditemukan di gudang penyimpanan Hypermart Serang saat BPOM Banten melakukan razia ke sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Serang.

"Untuk yang di dalam gudang, jenis nya memang Granny Smith, tapi bukan dari merek dagang yang dimaksud  (Bidart Bros)," kata Prabandaru Bismo, staf pemeriksa dari BPOM Banten usai razia (29/01/2015).

Meski kedua jenis apel berbakteri itu ditemukan, pihak BPOM maupun Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Banten tak membawanya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tapi, BPOM berjanji akan melakukan uji coba terhadap kedua jenis apel berbakteri.

"Untuk yang di dalam gudang belum bisa di pastikan aman, tapi nanti harus kita uji lab," tegasnya.

BPOM sendiri telah melakukan razia apel berbakteri di wilayah Tangerang dan Serang, selanjutnya akan melakukan razia di setiap kabupaten dan Kota yang ada di Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini