Sukses

Insulin Diabetesi Juga Dapat Turunkan Bobot Pelaku Diet

Alat bernama Liraglutide biasanya digunakan untuk menyembuhkan diabetes, kini dapat digunakan untuk mereka yang sedang diet.

Liputan6.com, London - Bila biasanya yang menyuntikan obat ke dalam perut sebelum makan adalah pengidap diabetes, kini para pelaku diet pun dapat melakukan hal serupa. Dengan menggunakan suntikan `Liraglutide` milik Novo Nordisk, pelaku diet dapat menurunkan berat badannya hingga 19 pound (8 kilogram)

Dengan merek Saxendra, injeksi ini sudah terlebih dulu digunakan dengan dosis yang rendah untuk mengobati diabetes. Sedangkan bagi individu yang sedang berdiet, obat yang masuk ke dalam tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengelabui perasaan seakan-akan sudah kenyang. Hasilnya, mereka akan makan lebih sedikit dari biasanya.

National Health Service (NHS) menyambut baik suntikan ini. Terlebih selama dua dekade terakhir, jumlah penyandang obesitas mengalami kenaikan dua kali lipat. Hanya saja, alat ini terlalu mahal, sehingga tidak semua orang dapat memilikinya.

Untuk sehari, mereka yang ingin menggunakan Liraglutide harus mengeluarkan biaya dua kali lipat dari harga Orlistat, yaitu sebesar 2,25 Poundsterling (Rp 42.500)

Mengetahui bahwa orang yang menggunakan Liraglutide akan dengan mudah menurunkan berat badannya, Profesor of Human Nutrition di Glasgow University, Mike Lean, mengatakan,"Liraglutide benar-benar mengubah hidup bagi banyak pasien kami yang kesulitan dalam mengelola berat badannya. Dan sebagian mereka telah melakukannya dengan sangat baik."

Mike juga menilai alat ini aman untuk digunakan, karena selama tiga tahun dilakukan penelitian tidak ditemukan adanya sinyal yang menunjukkan efek samping dari penggunaan Liraglutide.

Melansir laman Daily Mail, Sabtu (24/1/2015), pasien Mike yang obesitas dan sulit untuk berjalan karena komplikasi penyakit distrofi otot, dapat berjalan lagi setelah berat badannya turun dalam jumlah yang cukup banyak setelah rutin menggunakan alat ini.

"Satu-satunya yang cukup disayangkan dari alat ini adalah harganya yang sangat mahal," kata Mike.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Diet