Sukses

Bolehkah Melakukan Treadmill Saat Cedera Lutut?

Lutut cedera yang disebabkan radang sendi pasti menyakitkan. Namun, bolehkah melakukan treadmill saat ini terjadi?

Liputan6.com, Jakarta Lutut cedera yang disebabkan oleh radang sendi atau osteoarthritis pasti menyakitkan. Namun mengingat kurangnya aktivitas dapat membuat otot semakin kaku, bolehkah melakukan treadmill saat ini terjadi?

Menanggapi hal tersebut, spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi yang berpraktik di Siloam Hospitals, dr. Herman Gofara, SpOT (K) MKes., mengatakan latihan bisa dilakukan setelah nyeri terlebih dulu dihilangkan.

"Seperti orang yang tidak pernah olahraga, ketika seseorang menderita arthritis, dia juga perlu latihan tapi pelan-pelan. Nanti kalau nyeri yang dialaminya mulai sembuh, boleh laihan sehari 5 menit. Kemudian selanjutnya bertambah waktunya. Yang jelas, jangan melakukan latihan fisik yang membebani otot," kata Herman saat Seminar Teknologi Stem Cell Autologus Terkini untuk Kesehatan di Hotel Aryaduta, Jakarta, ditulis Minggu (18/1/2015).

Herman menambahkan, seseorang yang sedang dalam tahap pemulihan perlu mengembalikan fungsi otot dan latihan bertahap dengan mengukur kemampuan diri sendiri. Jadi jangan memaksakan diri ketika masih merasa nyeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.