Sukses

Cara Menghilangkan Jerawat pada Remaja

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jerawat bisa jadi topik paling dicari kaum muda, utamanya remaja. Ini karena jerawat menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu hubungan dengan orang lain. Apalagi, masa remaja adalah saat periode transisi seorang manusia berlangsung.

Umumnya, jerawat pertama kali muncul saat usia 11-25 tahun. Pada remaja, jerawat muncul di hidung, pipi, dada, punggung dan leher.

Secara umum, penyebab jerawat pada remaja adalah perubahan hormon selama pubertas, faktor keturunan, dan peningkatan produksi sebum, yaitu bahan yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Saat sebum meningkat, pori-pori akan tersumbat dan akhirnya jerawat pun tumbuh.

Sebenarnya, sebum tidak buruk bagi kulit. Sebum adalah bahan yang dapat membuat kulit lebih lembut dan halus, jika tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Penyebab lain dari jerawat adalah perawatan kulit yang tidak benar, konsumsi lemak dan makanan berminyak, terlalu sering terpapar sinar matahari dan stres.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut beberapa cara tersebut seperti yang dikutip dari lethow.com pada Senin (12/1/2014).

Kebiasaan yang baik

Dari penyebabnya, maka beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah melakukan beberapa kebiasaaan sehat. Misalnya, para remaja tidak boleh terlalu sering terkena sinar matahari. Mereka juga harus membiasakan diri makan sayuran hijau serta vitamin A dan C seperti pisang, jeruk dan wortel.

Pengobatan rumahan

Jerawat pada remaja juga dapat dihilangkan dengan cara pengobatan rumahan. Beberapa produk rumahan seperti lemon, kentang, bawang putih, mentimun dan lidah buaya dapat membantu remaja menghilangkan jerawatnya.

Secara umum, bahan-bahan rumahan ini digunakan dengan cara digosokkan pada bagian tubuh yang terkena jerawat setelah sebelumnya diolah seperti dihaluskan terlebih dahulu.

Tidur cukup

Tidur cukup dapat mengurangi tingkat stres dalam diri remaja. Saat stres berkurang, maka secara langsung sebum atau minyak kulit pun akan berkurangan produksinya. Turunnya jumlah sebum dapat membuat kulit remaja terhindar dari jerawat.

Demikian cara menghilangkan jerawat pada remaja. Bagaimana, mudah bukan? 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.