Sukses

Jerawat, Jenis dan Cara Menghilangkannya

Apa saja jenis jerawat? bagaimana cara menghilangkannya?

Liputan6.com, Jakarta Jerawat adalah penyakit bintik-bintik yang timbul di kulit wajah, dada dan punggung. Bagi sebagian orang, apalagi anak muda, jerawat sangat mengganggu karena dapat menurunkan kepercayaan diri.

Sebenarnya, jerawat sendiri terdiri dari berbagai jenis. Berikut jenis-jenis jerawat serta cara menghilangkan jerawat seperti dilansir dari Acne Academy, Jumat (10/10/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Jerawat

Jenis Jerawat

Para pakar mengklasifikasikan jenis jerawat ke dalam tiga bagian. Pertama, jerawat vulgaris. Ini adalah jenis jerawat yang paling umum seperti komedo, whiteheads, papula, postula dan nodul.

Kedua, jerawat conglobata atau jerawat batu. Jerawat ini adalah jenis jerawat yang lebih besar dari jerawat vulgaris. Jerawat ini dapat tumbuh pada wajah, dada dan punggung. Jerawat ini sering terjadi pada laki-laki antara umur 18-30 tahun.

Ketiga, pyoderma faciale. Jerawat jenis ini hanya menjangkiti perempuan yang berumur antara 20-40 tahun, sangat menyakitkan dan menyebabkan luka yang membekas. Jerawat ini juga dapat terjadi pada perempuan yang belum pernah memiliki jerawat sebelumnya dan hanya tumbuh pada wajah.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Banyak cara untuk mengobati jerawat. Tetapi, cara-cara ini dapat dikelompokkan juga ke dalam tiga jenis penyembuhan.

Pertama, obat oles atau luaran. Diantara obat oles ini adalah antibiotik oles, retinoid oles, asam azelaic dan nikotinamid. Tidak lupa juga obat-obat herbal seperti aloe vera dan daun mint masuk ke dalam kelompok ini.

Kedua, obat dalam. Obat dalam ini berguna untuk mengontrol pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Obat yang masuk dalam kelompok ini diantaranya adalah oxytetracycline, lymeciclin-, minocycline dan doxycycline. Meminum obat dalam ini sendiri memiliki efek samping seperti mual, muntah dan diare.

Ketiga, obat pelengkap. Obat pelengkap digunakan untuk melengkapi pengobatan setelah Anda melakukan pengobatan luar atau dalam. Yang termasuk dalam obat pelengkap diantaranya adalah minyak pohon teh.

Itulah sedikit penjelasan tentang jenis jerawat dan cara menghilangkannya. Bagaimanapun, yang terpenting tetap lah menerapkan pola hidup sehat. Sebab, bukan hanya jerawat, penyakit lain pun dapat Anda hindari jika Anda hidup sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.