Sukses

7 Manfaat Miliki Rasa Empati

Liputan6.com, Jakarta Rasa empati diharapkan mampu kita tunjukan saat orang lain tertimpa musibah, bagaimana pun suasana hati kita. Pada dasarnya, empati didefinisikan dengan kemampuan kita merasakan emosi orang lain, ditambah dengan kemampuan kita ikut membayangkan apa yang orang lain pikirkan dan rasakan.

Kita harus tahu bahwa memiliki rasa empati tidak menuntut kita untuk menolong orang yang sedang membutuhkan itu, meski rasa empati menjadi langkah awal melakukan tindakan yang penuh kasih.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa menempatkan diri dalam posisi orang lain yang sedang dirundung duka dapat membantu kita memahami perspektif, kebutuhan, dan tujuan dari orang tersebut.

Sayang, yang terjadi saat ini adalah rasa empati masih sering tertutup ketika kita mengetahui ada orang lain yang sedang dirundung musibah.

Melansir laman Greater Good Berkeley Education, Senin (29/12/2014), terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan pentingnya memiliki rasa empati;

2 dari 4 halaman

1


1. Dari hasil penelitian yang dilakukan Daniel Batson dan Nancy Eisenberg terlihat bahwa orang-orang yang memiliki rasa empati cukup tinggi, lebih besar kemungkinannya untuk membantu orang lain meski harus menyingkirkan kepentingan diri sendiri.

2. Dia juga menyebut, rasa empati mampu mengurangi prasangka buruk dan rasisme. Sebab, ketika melakukan penelitian terhadap peserta berkulit putih, mereka dibuat untuk berempati terhadap orang Afrika yang sedang mengalami musibah.

3 dari 4 halaman

2



3. Penulis efek strategi untuk mengembangkan dan mengekspresikan empati dalam satu hubungan, Christine Carter, mengatakan, rasa empati mampu membuat hubungan pernikahan dalam keadaan baik-baik saja. Penelitian yang dilakukan Christine menunjukkan, mampu memahami emosi pasangan akan memperdalam keintiman dan meningkatkan kepuasan dalam berhubungan.

4. Empati mengurangi perilaku intimidasi, itulah hasil dari penelitian yang dilakukan Mary Gordon terhadap rasa empati yang ditunjukkan oleh seorang anak.

4 dari 4 halaman

3



5. Dari hasil penelitian yang dilakukan Samuel dan Pearl Oliner menemukan bahwa orang yang memiliki rasa empati akan menyelamati nyawa orang lain dari satu pertikaian. Tindakan ini menunjukkan bahwa rasa empati mampu meningkatan perilaku heroik.

6. Empati sangat baik bagi kehidupan karyawan di kantor. Sebab, seorang pemimpin yang sering menunjukkan rasa empati, memiliki banyak karyawan yang jarang sakit, dan dilaporkan memiliki rasa bahagia yang lebih besar.

7. Memiliki rasa empati baik bagi kesehatan, karena dari hasil satu penelitian yang dilakukan terhadap seorang dokter, ditemukan fakta bahwa seorang dokter yang memiliki rasa empat terhadap pasiennya, memiliki banyak pasien yang menikmati kesehatannya yang lebih baik

Loading