Sukses

Pelukan Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pelukan ternyata mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi.

Liputan6.com, Jakarta Pelukan, seperti menjaga pola makan dan berolahraga, ternyata mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi, demikian penelitian dari Carnegie Mellon University katakan seperti yang dikutip dari Fox News pada Kamis (18/12/2014).

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang memiliki konflik tidak terselesaikan dalam berhubungan dengan orang lain tubuhnya akan lebih lemah terhadap virus flu.

Sementara itu, mereka yang menerima dukungan dari orang-orang sekelilingnya akan terlindungi dari depresi dan kecemasan. Penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu bentuk dukungan sosial yang dimaksud adalah dengan memeluk.

"Kami menguji apakah dukungan sosial efektif untuk melindungi kita dari stres dan juga apakah menerima pelukan dapat melindungi seseorang terhadap infeksi," kata Sheldon Cohen, psikolog di Universitas Carnegie Mellon.

Penelitian ini dilakukan pada 400 orang dewasa. Dalam kuesioner, para peneliti menarik data mengenai frekuensi konflik interpersonal dan seberapa sering mereka menerima pelukan. Peserta penelitian yang kemudian terkena virus flu biasa, kemudian dipantau dan dikarantina untuk diteliti lebih jauh.

Dari eksperimen tersebut, ditemukan bahwa dukungan sosial yang diberikan mengurangi risiko infeksi flu. Sedangkan pelukan, tercatat menyumbangkan sepertiga dari efek perlindungan dari flu itu.

"Hal ini menunjukkan bahwa dipeluk orang yang dipercaya dapat menjadi cara efektif mengurangi dampak buruk dari stress, diantaranya adalah infeksi," kata Cohen. "Efek perlindungan yang jelas dari pelukan mungkin disebabkan oleh kontak fisik itu sendiri," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.