Sukses

4 Manfaat Kesehatan Tanaman Hias

Tanaman hias tidak hanya akan mempercantik kondisi rumah, tetapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi mental dan fisik kita.

Liputan6.com, Jakarta Menghiasi rumah dengan tanaman hias tidak hanya akan mempercantik kondisi rumah itu sendiri. Lebih dari itu, tanaman hias juga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi mental dan fisik kita.

Menurut penelitian tanaman berinteraksi dengan pikiran dan tubuh untuk meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh.

Berikut adalah sejumlah manfaat kesehatan tanaman hias bagi mental dan fisik kita, seperti dikutip Health Me Up, Rabu (10/12/2014)

1. Membantu bernapas lebih mudah

Kita menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Tanaman menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen selama fotosintesis. Dengan menambahkan tanaman ke dalam rumah, sama saja dengan meningkatkan kadar oksigen dan akan menuai banyak keuntungan dari pertukaran gas ini, terlebih jika tinggal di apartemen.

Jenis tanaman yang dapat ditaruh di dalam rumah dan berguna untuk menghilangkan racun paling efektif adalah tanaman karet, palem bambu, lily.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengurangi alergi



2. Mengurangi alergi dan asma

Studi yang dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia menemukan bahwa tanaman hias dapat membantu meringankan gejala alergi.

Dalam studi ini ditunjukkan bagaimana tanaman indoor dapat mengurangi batuk, sakit tenggorokan, dan 30 persen gejala asma.

3. Meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa 70 persen akan lebih fokus di dalam kelas ketika di dalamnya terdapat tanaman hias.

Penelitian lain yang dilakukan di Texas A & M University menunjukan bahwa karyawan di sebuah ruangan yang berisi tanaman menghasilkan ide 13 persen lebih tinggi, dari karyawan yang di ruangan kerjanya terdapat patung.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Studi lain juga menemukan bahwa orang di sebuah ruangan yang berisi tanaman mengalami penurunan empat poin untuk tekanan darah sistolik setelah menjalani tes, dibandingkan mereka yang di ruangannya tidak terdapat tanaman sama sekali.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini