Sukses

Kenapa Bisa Ada Banyak Upil di Hidung?

Pernah mendapati banyak upil di hidung kita? Kenapa ya?

Liputan6.com, Jakarta Adanya lapisan kerak yang biasa masyarakat sebut upil di dalam hidung merupakan hal biasa yang terjadi. Namun pernahkan Anda mendapati jumlah upil yang dihasilkan jauh lebih banyak?
 
Ada beberapa hal penyebab munculnya upil berlebih di dalam hidung. Menurut Dokter Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL berikut penyebab banyaknya upil dalam hidung seseorang saat ditemui dalam acara Bebas Gangguan Hidung Tersumbat di Jakarta pada Rabu (3/12/2014).
 
1. Lingkungan kering
Lingkungan yang kering minim kelembapan, hal ini berpengaruh terhadap produksi kelenjar yang ada di hidung. Akibatnya ingus cepat mengeras yang membentuk upil.
 
2. Operasi sinus
Sesudah operasi sinus akan ada banyak sekali upil di dalam hidung hingga dua minggu. 
"Ada lapisan di hidung (mukosa) yang diambil. Sehingga perlu waktu bagi hidung untuk kembali berfungsi seperti semula. Seperti luka, kan perlu waktu untuk menutup kembali,"
Oleh sebab itu, pasca operasi pasien diminta dua jam sekali cuci hidung sehari bisa enam kali karena hidung belum berfungsi dengan baik.
 
3. Rhinitis ozaena
Untuk kasus ini dIsebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini menyebabkan produksi dari kelenjar hidung terhambat sehingga hidung tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya ingus yang dihasilkan hidung segera terbentuk menjadi upil tanpa diberi kelembapan terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.