Sukses

Komnas Anak: Penanggulangan HIV/AIDS pada Anak Minim

Penanggulangan HIV/AIDS untuk anak di Indonesia masih sangat minim dibandingkan jenis penyakit lain seperti gizi buruk.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengatakan penanggulangan HIV/AIDS untuk anak di Indonesia masih sangat minim dibandingkan jenis penyakit lain seperti gizi buruk.

"Program-program pemerintah cenderung menanggulangi gizi buruk pada anak, padahal ancaman HIV/AIDS pada anak juga sangat tinggi," kata Arist di Jakarta, ditulis Rabu (3/12/2014).

Menurut dia, pemerintah juga lebih fokus menanggulangi angka kematian ibu dan bayi dan melupakan penanggulangan HIV/AIDS yang juga masalah serius yang perlu segera diatasi.

Pada 2014, Komnas PA mencatat sebanyak 408 anak positif terjangkit HIV/AIDS. Jumlah ini meningkat dari tahun 2013 yaitu sebanyak 372 orang.

Untuk menanggulangi penularan HIV/AIDS pada anak, lanjut dia, dapat dilakukan dengan memeriksa darah bayi secara berkala sejak bayi tersebut dilahirkan.

"Ini upaya yang harus dilakukan untuk memonitor sekaligus mendata bayi yang kemungkinan terinfeksi," kata Arist.

Ia menjelaskan, masa inkubasi atau waktu setelah terjadinya penularan sampai dengan timbulnya gejala HIV/AIDS butuh waktu lima hingga sepuluh tahun.

"Maka harus dipantau secara benar, karena kematian itu juga tidak hanya karena gizi buruk, tapi juga HIV/AIDS yang hingga kini belum ada obatnya," kata Arist.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini