Sukses

Ini Dia Kelebihan Bedah Menggunakan Bantuan Robot

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah keuntungan operasi bedah dengan bantuan robot (robotic surgery) bisa disebut satu per satu. Entah itu akurasi, kecepatan, minimnya sayatan maupun kecepatan operasi bisa dirasakan pasien dan dokter.

"Yang dapat dinikmati pasien antara lain dapat mengurangi risiko cedera yang terjadi, memberikan kemudahan untuk dokter bedah memastikan adanya kesulitan serta dapat mencakup sejumlah daerah yang sulit terlihat dan meminimalkan trauma paska operasi," kata Dr. Ivan R. Sini.

Penjelasan ini disampaikan Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi PT BundaMedik sekaligus tim dokter ARMIS (Advanced Robotic and Minimally Invasive Surgery) Rumah Sakit Bunda Jakarta dalam Robotic Surgery Gathering 'Pencapaian ke-100 Kasus Bedah Robotic' di Double Tree by Hilton Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (2/12/2014)

Lebih lanjut Ivan, mengatakan, rasa nyeri minimal dan pemulihan yang sangat cepat menjadikan bedah robotic sebagai alasan memilih bagi para pasien selama ini.

Hal ini terbukti dengan masa pulih yang sangat cepat untuk sejumlah operasi yang relatif kompleks selama ini.

"Meski teknologi bedah robotic belum dapat dipergunakan pada semua proses operasi terkait biaya, namun bedah robotic terbukti efektif dan tepat digunakan pada sejumlah kasus kompleks seperti operasi prostat, operasi kista endometriosis, mioma, angkat rahim, kanker rahim, dan pembedahan usus," kata Ivan menambahkan.

Namun perlu diingat bahwa tidak ada jaminan sepenuhnya untuk keberhasilan operasi dengan robot apalagi bila dilakukan pada operasi berisiko tinggi.

"Risiko dan komplikasi operasi akan selalu ada dalam setiap tindakan medis. Namun, diharapkan dengan pembedahan robotic ini risiko tersebut dapat diminimalisir," kata Ivan menekankan.

Mengharukan, Perawat Hibur Pasien yang Sekarat Lewat Lagu

Tutup Video