Sukses

Pemprov DKI Bangun Klinik di Pasar

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak yang tahu bahwa Pemerintah Propinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membangun klinik kesehatan di dalam pasar, guna membangun kesadaran masyarakat ekonomi bawah.

"Tahun lalu sudah dibangun klinik ini, agar masyarakat ekonomi bawah tahu status kesehatannya. Dengan begitu, kita akan bantu pengobatannya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dalam Indonesia Diabetes Leadership Forum di JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (13/11/2014)

Menurut Ahok, ide ini tercetus setelah melihat kenyataan bahwa para ibu dari golongan ekonomi bawah hanya memiliki uang pas-pasan untuk ke pasar setiap hari, karena tidak memiliki lemari pendingin. Selain itu, mereka juga tidak memiliki uang lebih untuk melakukan check-up di Puskesmas.

"Maka itu, sambil menunggu harga sayur dan buah turun sekitar pukul 10:00, kami minta mereka untuk check-up saja di klinik yang ada di pasar tersebut," kata Ahok menambahkan.

Ahok berharap, dengan adanya klinik di pasar, pemerintah jadi tahu apa saja status kesehatan masyarakat dari ekonomi kelas bawahnya. "Bukan soal diabetes saja, tapi status HIV juga," kata Ahok.