Sukses

5 Kebiasaan yang Bantu Bersihkan Racun Tubuh atau Detoksifikasi

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia secara alami mampu lakukan proses detoksifikasi atau membersihkan tubuh dari racun berbahaya. Selain itu, pemilihan makanan dan minuman yang tepat membantu tubuh dalam melakukan proses pembersihan racun tubuh.

1. Sarapan dengan telur atau jeruk
Telur yang sarat dengan sistein, sebuah asam amino yang membantu menetralkan senyawa beracun dalam tubuh kita (khususnya hati) dan membantu dalam pembentukan senyawa antioksidan glutathione. Buah jeruk juga kaya antioksidan yang bermanfaat untuk sistem detoks alami tubuh.

2. Konsumsi bawang merah dan bawang putih
Daun bawang, bawang merah, bawang putih adalah sumber inulin, sebuah prebiotik yang merupakan jenis serat yang membantu bakteri menguntungkan. Prebiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan usus yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh serta mengusir racun dari tubuh.

2 dari 2 halaman

Konsumsi pisang

3. Konsumsi pisang
Mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B6, B12, Vitamin B Folat membantu meningkatkan kemampuan detoksifikasi tubuh karena membantu sistem pencernaan, fungsi sel, dan metabolisme. Pisang yang kaya Vitamin B6, ayam dan ikan yang kaya B12 serta sayuran hijau mengandung folat penting dikonsumsi.

4. Konsumsi sayuran
Pasti Anda setiap hari makan kubis, kembang kol, brokoli serta aneka sayuran kaya serat lainnya bukan? Yak! Anda sudah membantu kerja usus lebih baik dalam membuang racun dalam tubuh. Selain itu, sayuran kaya serat juga mengandung glukosinolat yang dapat mencegah sel-sel kanker.

5. Minum yogurt
Mengonsumsi makanan kaya probiotik seperti yogurt memantu memberikan lingkungan yang baik untuk usus Anda. Saluran pencernaan adalah penjaga utama sistem kekebalan tubuh serta baris pertama pertahan terhadap racun dan bakteri berbahaya. Menjaga usus sehat sangat penting untuk  membantu tubuh mampu melakukan detoksifikasi secara alami.