Sukses

Apel, Usir Kolesterol Jahat Cegah Serangan Jantung

Buah apel punya manfaat untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda seorang pengonsumsi berat apel? Bila ya, berbahagialah Anda karena dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di University Cornell, Amerika Serikat, belum lama ini, diketahui bahwa buah apel punya manfaat untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

Pada penelitian yang menggunakan sel-sel lever manusia ini, para peneliti memperlihatkan antioksidan yang ditemukan di dalam sari apel dapat secara potensial menurunkan kolesterol buruk (LDL) dengan memberikan rangsangan pada proses produksi reseptor LDR dalam lever.

Para peneliti memaparkan pula, proses pemindahan kadar kolesterol dalam darah pada penelitian ini sama dengan mekanisme penurunan kolesterol yang menggunakan obat statin.

Seperti dilaporkan Reuter pada Kamis (11/9/2014), penelitian yang dibeberkan dalam jurnal American Chemical Society ini juga menemukan bahwa sari apel mencegah LDL kolesterol berubah menjadi oxidized LDL, sebuah bentuk kolesterol berbahaya dan lebih mematikan daripada jenis lainnya, yang dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Bukan hanya itu, dikatakan, makan apel juga membantu mencegah kanker payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini