Sukses

Makin Tua, Ini yang Perlu Anda Perhatikan

Seiring bertambahnya usia kita tanpa disadari struktur otak akan mengecil, yang membuat fungsi dari otak turut mengalami penurunan

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan mendasar yang kerap kita lontarkan saat melakukan pengecekan dan konsultasi ke dokter adalah bagaimana fungsi dari ginjal dan liver kita, tanpa pernah sekali pun kita bertanya bagaimana dengan fungsi otak kita.

Seiring bertambahnya usia kita tanpa disadari struktur otak akan mengecil, yang membuat fungsi otak juga mengalami penurunan. Tidak heran bila nantinya, banyak orang tua yang cepat mengalami demensia (pikun), dan tidak jarang berujung pada Alzheimer.

"Kita terlalu fokus pada kulit tanpa memikirkan bagaimana otak kita. Padahal, seberapa marahnya kita ketika disebut tidak punya otak," kata Dr. dr Yuda Turana menjelaskan.

Pakar saraf dari Departemen Neurologi dan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Katolik Atmajaya menerangkan, kondisi ini terjadi karena banyak di antara kita baru menyadari mengalami perubahan pada fisik dari ujung kaki sampai kepala melalui cermin.

"Sedangkan otak itu tidak terlihat cermin, yang membuat kita tidak mengetahui bahwa kemampuan kognitif otak mengalami penurunan," kata Yuda.

"Ditambah pula sedikit sekali yang menyadari betapa pentingnya kondisi otak, lalu memeriksakannya," kata Yuda dalam acara 'Demensia: Bisakah Kita Mengurangi Risikonya?' di Erasmus Huis, Pusat Kebudayaan Belanda, H. R. Rasuna Said, Kuningan, ditulis Health-Liputan6.com pada Kamis (11/9/2014)

Maka itu, Yuda menganjurkan pada kita untuk tidak hanya fokus pada kulit, tetapi juga pada kesehatan otak kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.